Marmer, Unsur Tanah dan Feng Shui

"Salah satu unsur dalam Feng Shui yang dikenal adalah unsur tanah. Dalam konsep desain rumah terutama elemen dinding dan lantai akan menjadi elemen sangat penting. Marmer berasal dari tanah dapat mewakili unsur tanah dalam Feng Shui" 


Feng Shui bagi sebagian orang sering dijadikan pedoman penting untuk menentukan konsep desain rumah, ini tentu berkaitan dengan bagaimana seorang arsitek merencanakan dan mengatur bentuk, arah, warna dan material bangunan sesuai dengan sifat Feng Shui dari pemilik rumah. Bagaimana mengatur tata letak dari elemen-elemen yang memenuhi setiap sudut rumah kita, baik dalam bentuk material dan warna yang beraneka macam. Cara ini bertujuan untuk mencapai keseimbangan energi yang akan diperoleh dengan menambahkan unsur dan atau mengurangi unsur lainnya.


Feng Shui dikenal memiliki lima unsur yang biasanya digunakan dalam astrologi bangsa China, kelima unsur tersebut adalah kayu, api, tanah. logam dan air. Kelima unsur tersebut sangat berkaitan satu sama lain. Kayu yang terbakar akan memunculkan api kemudian api yang padam akan memunculkan tanah, dari tanah akan muncul logam dan logam tersebut akan mencair maka muncul air dan pada akhirnya air akan menghidupi tanaman dan menghasilkan kayu. Demikianlah siklus keseimbangan alam yang harmonis digambarkan dalam Feng Shui.

Sifat Unsur Tanah dalam Feng Shui
Tanah mewakili elemen warna kuning, elemen arah tengah, elemen bentuk persegi, elemen hewan banteng, elemen sifat baik, religius dan jujur. Elemen-elemen tersebut akan memberikan energi kestabilan, kepercayaan, sabar, jujur, setia, seimbang dan disiplin. Unsur tanah akan merefleksikan pribadi simpatik dan tanggung jawab. Sisi negatif dari unsur tanah digambarkan sebagai pribadi yang terlalu banyak menuntut dan cenderung statis. 


Lantai rumah dan Feng Shui
Elemen lantai dan dinding merupakan area paling luas dalam struktur bangunan, sehingga pengaruhnya pada keseimbangan energi sangat besar. Jenis material,  pemilihan warna dan motif serta sifat kilap pada lantai dan dinding akan menjadi perhatian lebih bagi para arsitek untuk mendesain bangunan bertujuan khusus. Maka ketika struktur bangunan rumah selesai langkah selanjutnya adalah bagaimana mengkombinasikannya dengan elemen penyeimbang seperti material, warna dan bentuk furniture, serta dekorasi lainnya. 

Marmer dan Feng Shui
Berkaitan dengan area lantai dan dinding maka material seperti marmer sebagai material yang bersumber dari tanah dapat mewakili unsur tanah dalam Feng Shui. Pada karakter material marmer terdapat elemen warna, motif, bentuk dan sifat kilap. Maka pemilihan type marmer pada lantai rumah memiliki arti yang tidak hanya berfungsi sebagai pendukung estetika keindahan interior ruangan, akan tetapi juga dapat memberikan efek psikologis bagi penghuninya. Tujuan utama dalam perencanaan material lantai yang meliputi warna dan motif dari marmer terletak pada kekuatan karakter marmer itu sendiri sebagai penyeimbang energi positif dan energi negatif.
Warna marmer dan Feng Shui
Berikut ini adalah contoh type dan warna marmer serta relavansi dari sifat warna dan aplikasi pada setiap ruangan rumah : 

Warna Putih
Merepresentasikan kemurnian dan kepolosan, menjadikan simbol dari sebuah tindakan permulaan, memberikan efek bersih, segar dan bebas. Warna putih sangat baik diaplikasikan untuk ruang keluarga, ruang dapur dan ruang santai lainnya.Namun sebaiknya warna putih tidak digunakan untuk area ruang tidur anak-anak atau ruang makan.
Pilihan type marmer dengan dominasi warna putih adalah : White Carrara, Statuario, Sivec White, White Pearl, Venus White, Solto White, Snow White dan White Lilac. Anda dapat melihatnya dikoleksi White Marble  

Marmer White Lilac dan Feng Shui
Marmer White Lilac dan Feng Shui
Warna Coklat
Representasi dari pribadi yang berkarakter elegan, memiliki stabilitas yang tinggi, serius dan mapan. Warna coklat sangat baik diaplikasikan pada ruangan yang membutuhkan kosentrasi tinggi seperti ruang kerja dan ruang belajar anak. Hal yang harus dihindari adalah aplikasi di ruang santai dan kamar tidur.
Pilihan type marmer dengan dominasi warna coklat adalah Light Emperador Extra, Antique Brown dan Antique Wood 

Marmer Antique Brown dan Feng Shui
Marmer Antique Brown dan Feng Shui
Warna Hitam
Hitam adalah warna yang mewakili sifat introspeksi dan representasi dari kekosongan, misterius, tersembunyi, rahasia dan protektif. Bertolak belakang dengan prinsip keterbukaan, maka warna ini tidak cocok untuk anda berjiwa muda dan ekspresif. Penggunaan warna hitam sering digunakan untuk kamar remaja.
Pilihan type marmer dengan warna hitam dominan seperti : Black Beauty, Nero Portoro Silver, Picasso Black dan Serpegiante Black 

Marmer Black Beauty dan Feng Shui
Marmer Black Beauty dan Feng Shui
Warna Abu-abu
Warna abu-abu adalah warna surga, warna yang selalu berkaitan dengan prestasi dan tingkat kenyamanan. Maka pribadi yang menyukai warna abu-abu memiliki sifat dipercaya dan berjiwa sosial tinggi.
Pilihan type marmer dengan dominasi warna abu-abu seperti Serpeggiante Grey, Palissandro Classico dan Nestos
Marmer Serpeggiante Grey dan Feng Shui
Marmer Serpeggiante Grey dan Feng Shui
Warna Merah
Warna yang paling penting dan menjadi keutamaan filsafat timur. Warna merah mewakili unsur api dan dianggap membawa keberuntungan. Bersifat berani dan tegas. Dalam aplikasi desain rumah, warna merah bisa memberikan poin yang sangat sangat kuat dan menarik. Energi warna merah sangat kuat sehingga tidak disarankan untuk aplikasi di kamar tidur.
Salah satu pilihan terbaik untuk type marmer berwarna merah seperti Red Travertine 

Red Travertine dan Feng Shui
Red Travertine dan Feng Shui
Warna Ungu
Warna yang sangat impresif, representasi dari nilai spiritual yang tinggi. Warna ungu sangat disarankan diaplikasikan untuk area ruang istirahat dan ruang khusus untuk meditasi. Warna ungu tidak disarankan digunakan untuk area kamar mandi dan dapur.


Pilihan type marmer dominasi warna ungu adalah Rosso Levanto


Marmer Rosso Levanto dan Feng Shui
Marmer Rosso Levanto dan Feng Shui
Warna Biru
Bila ada warna biru maka disitu ada warna merah. Warna biru akan memberikan efek penyeimbang terhadap warna merah. Warna Biru memiliki sifat menenangkan api, memberikan ketenangan, kedamaian, dan kebenaran. Karena sifat tersebut warna biru sering digunakan untuk area kamar tidur dan ruangan khusus terapi dan meditasi.
Salahsatu koleksi type marmer dengan dominasi warna biru seperti : Palissandro Blue Nuvolato, Palissandro Bronzo dan Crystal Blue.

Marmer Palissandro Bronzo dan Feng Shui
Marmer Palissandro Bronzo dan Feng Shui
Warna Merah Muda
Warna yang dikenal memiliki ketulusan dan penuh romantisme. Karena memiliki sifat rahasia maka warna merah muda sangat cocok digunakan untuk ruangan private seperti kamar tidur, tetapi sebaiknya menghindari aplikasi warna merah muda untuk area dapur dan kamar mandi.
Contoh type marmer dengan dominasi warna merah muda adalah Tea Rose, Rosso Verona dan Rosso Alicante.

Marmer Tea Rose dan Feng Shui
Marmer Tea Rose dan Feng Shui
Warna Hijau
Hijau sebagai lambang keasrian, kemurnian, kesehatan, kesuburan, religius dan harmonis. Ruangan dengan nuansa warna hijau akan memberikan efek menyegarkan dan memberi rasa teduh dan aman. Warna hijau sebaiknya digunakan di ruangan keluarga, ruang belajar atau ruangan bermain anak.
Contoh type marmer dengan warna dominan hijau adalah Verde Tiffany dan Verde Patricia saat ini kami belum bisa menampilkan contoh gambarnya 

Warna Kuning
Melambangkan keceriaan, dipercaya juga dapat membantu anda untuk menyehatkan pencernaan dan menjernihkan pikiran anda. Warna kuning sangat cocok untuk aplikasi koridor, dapur atau ruang bermain anak. Tetapi warna kuning tidak dianjurkan untuk ruang meditasi dan kamar mandi.
Contoh dari type Travertine Yellow dan Giallo Siena

Marmer Giallo Siena dan Feng Shui
Marmer Giallo Siena dan Feng Shui
Warna Orange
Mewakili karakter pribadi yang ceria, gembira, bahagia dan ikatan komunikasi yang kuat. Sangat cocok untuk digunakan untuk kamar tidur, ruang makan atau koridor. Warna orange tidak disarankan digunakan untuk area ruangan berukuran kecil. Saat ini kami belum bisa menampilkan koleksi marmer dengan dominasi warna orange.   
Elemen warna pada suatu ruangan rumah secara umum diaplikasikan degan tujuan untuk memperoleh keseimbangan antara sifat positif dan sifat negatif dalam analogi Feng Shui. Selamat berkarya dan selalu berpikir positif untuk mendapatkan ide-ide yang baik dan bermanfaat.

Marmer Granit adalah supplier produk marmer dan granit alam, baik import maupun lokal. Untuk mengetahui stock dan harga marmer silahkan hubungi kami, atau anda dapat berkunjung langsung di warehouse gallery kami. Tersedia berbagai type marmer dan granit dengan kualitas terbaik.


MARMER GRANIT
Jl. Raya Karanggan No. 174
Karanggan Gunung Putri Bogor 16960

cp. Fathiah Utari
Telp dan WhatsApp
0812 904 6667