Marmer Lokal

Marmer lokal 

Marmer lokal adalah marmer alam, foto dalam halaman ini adalah contoh type marmer yang mewakili sebagian produk kami. Warna dan pattern mungkin saja berbeda dengan spesifikasi produk sebenarnya, maka sangat disarankan untuk melihat secara langsung produk yang diminati sebelum anda menentukan pilihan. Berikut adalah beberapa contoh gambar marmer Ujung Pandang :

marmer lokal
Chiampo Blue
marmer lokal
Crema Perlato

marmer lokal
Davina Grey
marmer lokal
Golden Perlato

Pengertian Marmer Alam

Marmer lokal adalah batuan kristal kasar yang bermula dari batuan dolomit atau batuan kapur atau batuan gamping atau batuan limestone sebagai pembentuk struktur utama material marmer. Pertambangan marmer tersebar diseluruh wilayah Indonesia, namun yang sudah banyak diekplorasi secara besar -besaran adalah wilayah :
  • Wilayah Padalarang Kabupaten Bandung Jawa Barat dan lebih populer sebagai marmer Citatah atau marmer Bandung
  • Wilayah Kabupaten Tulungagung di Jawa Timur dan lebih populer sebagai marmer Tulungagung
  • Wilayah Kabupaten Pangkep di Sulawesi Selatan dan lebih populer dengan produk marmer Ujung Pandang atau marmer Makassar.
Ketiga wilayah diatas memiliki hasil pertambangan marmer terbesar di Indonesia, sangat populer tidak hanya di pasar lokal tetapi merambah ke pasar internasional. Ketiga wilayah tersebut memiliki karakter marmer yang berbeda-beda dan memiliki pasar tersendiri.

Marmer Ujung Pandang

Marmer Ujung Pandang sangat termasyur ke seantero benua, produk marmer Ujung Pandang banyak menembus pasar di lima benua, Eropa, Amerika, Australia, Afrika dan Asia. Di Indonesia sendiri marmer Ujung Pandang cukup diminati masyarakat mulai dari kalangan menengah hingga kalangan atas, banyak dipakai diproyek-proyek baik residensial, perkantoran, pusat perbelanjaan dan gedung-gedung pencakar langit.

Kualitas marmer Ujung Pandang 

Kualitas  marmer Ujung Pandang tidak kalah dengan marmer import, jika anda teliti dalam memilih anda akan mendapatkan kualitas marmer lokal yang prima. Kriteria yang dipakai dalam memilih kualitas marmer lokal dengan kualitas baik sebagai berikut :
  • Faktor warna marmer memilih marmer tidak seperti memilih keramik, keramik memiliki konsep keseragaman dalam hal warna, sedangkan konsep warna marmer adalah keserasian, warna marmer terbentuk secara alami dari alam bebas, tanpa adanya rekayasa desain warna, jadi jangan pernah anda mempunyai ekspektasi yang berlebihan terhadap warna marmer yang harus seragam. Nilai estetika, seni dan selera anda akan nilai tertinggi dari sebuah kualitas marmer. Pilihkan warna marmer sesuai kesukaan dan selera anda, dengan mempertimbangkan kombinasi warna interior desain dan barang-barang kesayangan anda
  • Pola atau pattern atau urat marmer, tiada gading yang tak retak demikian pepatah bijak mengatakan. Seperti halnya gading yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi, demikian halnya dengan nilai marmer. Karakter marmer yang berpori dan memilki pola urat yang unik maka disitulah keindahannya. Sekarang tergantung apa selera anda. Karakter urat marmer memiliki berbagai jenis, seperti pola kembang, pola garis sejajar, pola garis abstrak, pola spot dengan berbagai gradien warna natural. 
Nah, jika anda sudah mempunyai gambaran umum untuk memilih material marmer lokal, silahkan anda datang ke warehouse gallery kami. Dengan melihat langsung produk marmer maka akan lebih memudahkan anda untuk menentukan pilihan. Kami memiliki banyak sekali koleksi marmer lokal dan marmer import, granit, travertine dan jenis batuan  marmer lainnya. Silahkan rencanakan kunjungan anda.

Type marmer lokal Ujung Pandang

Type marmer Ujung Pandang sangat beragam, karena bersumber dari alam maka baik warna dan pattern akan selalu berubah setiap ada pembukaan lokasi tambang baru, tetapi ciri khas dari warna marmer  Ujung pandang yaitu krem, beige dan abu-abu sebagai warna utama. Type marmer Ujung Pandang diantaranya; 
  • Golden Perlato
  • Crema Perlato
  • Davina Grey
  • Chiampo Blue 
type marmer tersebut adalah type-type populer di pasaran lokal maupun internasional.

Harga Marmer Ujung Pandang

Tidak ada patokan harga marmer, baik marmer lokal mapun marmer import, maka jika anda berkesempatan mencari harga marmer di internet maka anda tidak akan menemukan patokan harga yang anda cari. Tapi jika anda menemukannya maka itu dipastikan sebagai marmer obral dan biasanya dalam volume yang sangat terbatas dan kualitas rendah. 

Kami tunggu kunjungan anda. Hubungi sekarang 08129046667

Proses Produksi Marmer Alam

Sumber alam adalah anugerah ciptaan Tuhan yang dapat diekplorasi dan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan manusia tanpa merusak alam itu sendiri. Lalu bagaimana sumber alam berupa batuan ini diproses sampai dengan menjadi lembaran marmer yang cantik menawan sehingga bernilai ekonomis tinggi? 
Berikut adalah tahapan-tahap produksi marmer :
  1. Penelitian lokasi potensi dan tambang marmer
  2. Eksplorasi pertambangan marmer
  3. Proses produksi marmer
  4. Proses pemasangan atau aplikasi

1. Penelitian lokasi dan potensi tambang marmer
Para ahli geologi akan meneliti lokasi yang mempunyai kandungan batuan marmer dan menghitung seberapa besar potensi batuan sehingga menghitung manfaat ekonomisnya. Ekplorasi pertambangan marmer memerlukan  modal biaya investasi yang sangat besar, semisal dari perijinan, alat-alat berat, mesin-mesin dan peralatan pertambangan dan tenaga ahli.

    2. Eksplorasi pertambangan marmer
    Dengan mempertimbangkan berbagai aspek teknis dan ekonomis, pertambangan marmer memerlukan waktu cukup lama dari penelitian hingga berproduksi blok marmer. Batu blok yang sudah diproduksi kini sudah memiliki nilai ekonomis, batu blok marmer bisa langsung dijual dipasaran dunia sebagai bahan baku marmer. Tentu saja pangsa pasarnya adalah para pelaku industri marmer.

    pertambangan marmer dan blok marmer
    Pertambangan marmer dan blok marmer
     
    3. Proses Produksi Marmer
    Bahan baku marmer adalah bongkahan batu blok yang dihasilkan dari pertambangan marmer. Blok marmer mempunyai ukuran maksimal panjang 3 meter x tinggi  2.5 meter dan lebar 2.4 meter, ukuran ini menyesuaikan ukuran standar ukuran kontainer apabila blok marmer tersebut untuk tujuan ekspor dan import.

    Tahap - tahap proses produksi marmer sebagai berikut :

    3.1 Proses gangsawing
    Bahan baku blok marmer akan dipotong menjadi bentuk slab dengan ketebalan sesuai pesanan atau sesuai standard pasar, biasanya ketebalan marmer berkisar antara 1.5 hingga 2 cm. Pemotongan blok marmer menggunakan mesin gangsaw marmer.

    foto marmer slab
    Marmer slab

    3.2 Proses preparation
    Lembaran slab marmer yang dihasilkan dari pemotongan gangsaw menghasilkan permukaan slab marmer yang masih kasar. Diperlukan beberapa proses preparation seperti

    3.2.1 Proses pendempulan
    Pendempulan permukaan marmer bagian belakang berfungsi untuk menutup bagian keropos, lubang kecil dan retakan. Dempul yang digunakan adalah dempul khusus yang memiliki sifat yang keras dan tidak menyerap air. Proses preparation ini bervariasi tergantung dari kondisi permukaan marmer itu sendiri. Marmer dengan kondisi dan kualitas yang bagus tidak diperlukan proses pendempulan.

    3.2.2 Proses reinforcing
    Proses pelapisan permukaan belakang marmer dengan menggunakan material mat atau net pabrik. Fungsi dari proses ini adalah untuk memperkuat struktur marmer agar tidak mudah pecah dan lebih aman pada saat pengangkutan

    Reinforced marmer pada permukaan bagian belakang
    Reinforced marmer pada permukaan bagian belakang
    3.3 Proses pelapisan permukaan marmer
    Sifat permukaan marmer yang berpori secara alamiah akan terbuka pada saat pemotongan. Pori-pori akan ditutup melalui proses pelapisan epoxy resin dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan sifat material dari permukaan marmer.

    3.4 Proses finishing permukaan 
    Permukaan marmer sangat  identik dengan permukaan yang mengkilat dan bersih. Sebenarnya ada beberapa jenis finishing permukaan marmer, seperti polishing, honing, flamming, leather finishing, antique acid washing dan sandblasting

    3.4.1 Finishing permukaan polis atau kilap
    Marmer dengan permukaan yang mengkilat, bersih dan rapi menjadi indikator kualitas marmer
     
    Permukaan mengkilap marmer multocolor onyx
    Permukaan Mengkilap Marmer Multicolor Onyx

    Proses polishing permukaan marmer menggunakan mesin poles marmer berukuran slab. Tahap-tahapnya cukup rumit, hal ini dianggap rumit karena marmer memiliki karakter alami yang berbeda-beda, sehingga cara proses polishing juga berbeda-beda, disini diperlukan pengalaman yang kuat untuk memahami karakter alamiah marmer. Tetapi secara umum proses standar pemolesan dimulai dari kalibrating yaitu satu step proses untuk meratakan ketebalan marmer dan beberapa step proses pemolesan untuk menghasilkan permukaan yang mengkilap. Sampai disini proses finishing permukaan kilap dari slab marmer selesai dan marmer siap dipasarkan. Aplikasi marmer dengan permukaan mengkilap lebih umum dipakai diberbagai kebutuhan lantai dan dinding setiap ruangan.

    3.4.2 Finishing permukaan honing
    Proses honing menghasilkan permukaan marmer honed atau dop. Proses honing sama dengan step proses polishing, hanya saja sampai pada tahap sebelum polishing proses dihentikan. Marmer dengan permukaan honed banyak dipakai untuk aplikasi dinding dan lantai dengan tema ruang natural.

    3.4.3 Finishing permukaan Leather 
    Finishing leather adalah permukaan marmer yang teksturnya menyerupai tekstur permukaan kulit. 
     
    Marmer Leather Finished
    Marmer Leather Finished

    Permukaannya marmer terlihat sangat natural menonjolkan tekstur alamiah dan sedikit mengkilap. Proses leather finishing hampir sama dengan proses polishing perbedaannya terdapat pada media batu polesnya. Permukaan leather finish diklaim sebagai jenis finishing paling mahal.  Aplikasi marmer leather finished bisanya dipakai untuk lantai dan dinding diarea private, seperti artwork pada dinding teras, lobby hotel dan kantor atau area bedroom.  

    3.4.4 Finishing permukaan sandblasting
    Proses sandblasting menghasikan permukaan marmer yang agak kasar. Tekstur ini untuk mendapatkan efek kasar dan kesat pada permukaan marmer saat basah maupun kering, sehingga tidak licin saat diinjak. Proses sandblasting menggunakan mesin sandblast dengan berbagai tingkat kekasaran tertentu tergantung kebutuhan. Aplikasi marmer sandblasting digunakan untuk area step tangga, lantai kamar mandi, lantai teras dan lantai dengan kondisi basah dan lembab. 

    3.4.5 Finishing permukaan flamming
    Proses flamming yaitu proses pembakaran permukaan marmer untuk menghasilkan tekstur permukaan marmer yang kasar. Permukaan marmer jika dibakar atau dipanaskan dengan tekanan angin tertentu dalam suhu tertentu akan membuat lapisan terluar marmer terkelupas dan menjadikan permukaan menjadi kasar.   Marmer dengan permukaan flammed banyak diaplikasikan pada area basah dan lembab seperti kamar mandi,  carport, taman, area kolam renang dan area outdoor lainnya.

    3.4.6 Finishing permukaan Antique Acid Washed


    Marmer antique acid washed
    Marmer Antique Acid Washed

    Proses ini menggunakan bahan kimia asam atau acid coustic atau HCL 33% yang disiramkan ke permukaan marmer untuk menghasilkan permukaan marmer yang lebih natural, antik dan alami. Proses ini sudah jarang dipakai karena tidak ramah lingkungan, walaupun menggunakan mesin dengan tingkat keamanan terjamin cara proses ini sudah banyak ditinggalkan.

    Kini anda mengetahui tentang proses panjang produksi marmer mulai dari tambang marmer hingga marmer terpasang di lantai dan dinding bangunan mewah, gedung gedung pencakar langit, apartmen mewah hingga rumah rumah dengan desain cantik menawan.

    Marmer menyempurnakan selera anda.

    Jangan ragu hubungi kami untuk kebutuhan marmer rumah impian anda 
    Hubungi sekarang atau silahkan berkunjung di warehouse gallery kami. Kami memiliki banyak sekali koleksi batuan alam seperti marmer, granit, travertine, onyx dan sandstone.