Lantai Granit Alam, Kenali Jenis Granit Sesuai Fungsinya

Lantai Granit, Kenali Jenis Granit Sesuai Fungsinya
Lantai Granit Import 
Lantai granit alam sangat diminati karena kekuatannya, baik kekuatan terhadap beban berat, tahan terhadap gesekan dan benturan serta memiliki daya absurb yang sangat kecil terhadap cairan, sehingga kekilapan  lebih bertahan lama. Jika anda ingin membeli Lantai Granit Alam, Kenali Jenis Granit Sesuai fungsinya terlebih dahulu untuk menghindari kekeliruan dalam menentukan pilihan.

Aplikasi granit disarankan dipasang untuk area-area yang memiliki beban sangat berat. Beban disini dalam artian tingkat resiko permukaan lantai yang mendapat perlakukan seperti area yang lebih sering dinjak misalkan area teras rumah, koridor, lobby dan anak tangga, area yang lebih sering terkena cairan dan kotoran, misalkan lantai dapur, kitchen top table, vanity top,  kamar mandi, pantry basah maupun pantry kering dan area eksterior lainnya yang lebih sering terpapar sinar matahari dan hujan seperti dinding rumah, car port, garasi, lantai taman dan area kolam renang. Dengan mengetahui fungsi -fungsi tersebut anda tidak keliru memilih lantai granit untuk rumah idaman anda.

Pemasangan lantai granit tidak disarankan dikombinasikan langsung dalam satu bidang dengan marmer, alasannya tentu karena marmer memiliki karakter yang berbeda dengan granit. Tingkat kekerasan material marmer lebih lunak dibanding dengan granit. Hal ini akan menyulitkan pada saat proses perawatan dikemudian hari. Lantai Granit bisa dikombinasikan dengan type lainnya, lihat type granit ini, atau anda bisa berkonsultasi dengan Arsitek dan Desainer Interior yang anda tunjuk. 

Jenis permukaan lantai granit yang kita kenal seperti flamming, sandblasting, polishing dan leather finish. Berikut sedikit penjelasannya.

Lantai Granit Flamming

Lebih dikenal sebagai granit bakar, diproses untuk menghasilkan teksture permukaan yang kasar, tujuannya selain memberikan nilai estitika desain yang indah juga untuk tujuan keamanan penghuni, pada saat lantai granit basah tidak menjadikannya licin saat diinjak. Proses flamming dilakukan dengan mesin flamming, permukaan granit dibakar dengan tekanan tertentu dan bersamaan didinginkan dengan air sehingga permukaan tidak rusak dan pecah. Ada juga proses flamming dilakukan secara manual, dengan bantuan high pressure nozzle, permukaan dibakar dengan sangat hati-hati, namun hasilnya tentu tak sebaik dengan menggunakan mesin. Proses secara manual dilakukan oleh orang yang mempunyai keahlian khusus dan berpengalaman.  

Lantai Granit Sandblasting

Proses sandblasting sebenarnya memiliki tujuan yang serupa dengan proses flamming, yaitu untuk menghasilkan teksture permukaan lantai granit yang  kasar, hanya saja proses sandblasting menghasilkan permukaan yang lebih halus dibanding dengan proses flamming. Proses sandblasting saat ini masih dilakukan dengan mesin sandblasting.

Lantai Granit Polishing 

Lantai granit polishing atau kilap dihasilkan oleh proses mesin dengan beberapa tahapan proses yang cukup rumit. Dengan susunan stone abrasive yang memiliki grade kehalusan dari tingkat paling kasar hingga paling halus. Proses ini akan menghasilkan permukaan lantai granit yang mengkilap. Tingkat kekilapan permukaan dipengaruhi dua faktor yaitu karakter material itu sendiri dan faktor mesin pemoles. Tingkat kekilapan diukur dengan alat glossy meter, karena granit adalah material yang bersumber dari alam jadi tidak ada standar khusus yang harus dicapai, namun secara umum kekilapan granit berkisar antara skala 50 sampai dengan 100. 

Lantai Granit Leather Finished

Ya namanya leather finish, permukaan lantai granit ini diproses dengan teknik tertentu sehingga menghasilkan tekstur permukaan yang mirip dengan tekstur kulit. Prosesnya kira-kira sama dengan proses polishing, yang membedakan adalah jenis abrasive  yang dipakai.  

Kami adalah supplier marmer dan granit alam memiliki koleksi terlengkap. Silahkan berkunjung di Warehouse Gallery kami yang beralamat di :

MARMER GRANIT
JL. Raya Karanggan No. 174
Karanggan Gunung Putri Bogor 16960
Telp. 0812 904 6667
kontak Fathiah Utari ( Tari)